Kata Kehidupan, Hati Mutiara Santri

Saya Kenyang Semua Senang

  • “Saya Kenyang Semua Senang”, Sehelai pribahasa ala santri yang mengandung banyak unsur di balik dari peradaban tata cara makan santri.

Santri makan bukan sekedar makan, namun santri punya peradaban di dalam memilih makanan dan bagaimana trick santri untuk makan makanan yang dapat mengisi kekosongan kantong pusara usus rekan santri lainya.  Seperti tokoh khazanah dalam kajian pembahasan topik ini, Raikhan tokoh yang kerap di sanjungi oleh teman-temanya sebagai “wong eman nang donyo”, Wow Why?.. maknanya tidak jauh berbeda dengan julukan dirinya, yakni Raikhan selalu mengajak teman-temanya untuk makan bersama sebungkus nasi yang di bawa dari cateringnya sebagai jatah makan sore.

Ya begitulah kisah wong eman yang selalu mengerti keadaan teman-teman seperjuanganya. Uniknya, dia tidak bisa makan jika tidak ada seorang yang menyantap hidanganya bersama temanya.

Pemuda yanga kerap di sebut wong eman, yang amalnya tidak mudah di cari di dalam diri seseorang lain, mengamalkan dari ngendikonya abah Masrur “ 1 bungkus enaknya dimakan 2 orang, dan 2 bungkus enaknya 4 orang”.s

Facebook Comments