Santri Sejati

Akan Baik-baik saja Malhikdua VS Singapura, ataukah Jauh dari Harapan?

MA Al Hikmah 2 Brebes, rombongan siswa bahasa akan melaksanakan School Outing Programme di Singapura, SOP di Singapura pada tahun 2013 ini merupakan program yang baru akan direalisasikan setelah tiga tahun lamanya dirancang oleh beberapa guru struktural.

Tujuan diadakanya program SOP di Singapura adalah meningkatkan mutu pendidikan sekolah khususnya Madrasah Aliyah, memperkenalkan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, serta membangun School System sekolah persaudaraan dengan negara Singapura.

Sebanyak delapan belas siswa yang akan berangkat ke bandara kuala lumpur dan akan dilanjutkan ke tempat tujuan yakni, Singapura. Di singapura, mereka akan praktik berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan turis. Bule. Dilain itu mereka juga diharuskan untuk aktif berbicara memperkenalkan isi kekayaan Indonesia berikut dengan kenegaraan, budaya, pendidikan, sosial, ekonomi, moral dan lain sebagainya.

Tepatnya Senin (14/01/2013) pagi, mereka akan diberangkatkan ke Bandara. Sebelum keberangkatan, sengaja dari pihak rombongan membuat acara di GOR Al Hikmah 2, untuk berdoa dan pamitan kepada keluarga besar Al Hikmah 2. Ketua SOP menargetkan hari Selasa dapat sampai di Singapura dan melaksanakan study banding dengan siswa-siswi asal Jepang yang  bersekolah di Singapura, dan acara selanjutnya mereka akan melaksanakan Hunting and Speaking Aktive with Foreigner.

Dalam peraturan SOP, Max. dua siswa berbicara dengan satu Bule, dalam artian berbicara mereka tidak bergrombol. Supaya, berbicara mereka lebih diperhatikan oleh masing-masing bule dan dapat dibenarkan tenses, struktur kalimat atau lainya. Sebelum dilaksanakanya SOP di Singapura, sekolah terlebih dahulu mengadakan tes mengikuti SOP di Singapura.

Selama lima hari mereka akan melaksanakan Hunting Tourist Mencari turis beserta kegiatan lain yang sudah ditentukan oleh sekolah.

Sedikit cerita, dibentuknya SOP diluar jawa karena guru melihat program pemerintah yang baru merubah kurikulum nasionalnya menjadi hampir sama dengan program-program yang ada di MA Al Hikmah 2.

Seperti wewenang pemerintah yang mengharuskan ada kegiatan ketrampilan di setiap sekolah, penjurusan mulai dari kelas satu, dan melaksanakan praktik kerja lapangan diberbagai wilayah. Semuanya itu sudah ada di malhikdua sejak dua belas tahun yang lalu. Sehingga Malhikdua tidak ingin tertinggal mutu pendidikan dari sekolah lain. Salah satunya dengan meningkatkan kegiatan ketrampilan  dengan melaksanakan SOP di Singapura. Walaupun tujuan awal SOP di Bali.

Walaupun setiap tahun Malhikdua melaksanakan PKL, namun pada awal tahun 2013 dipilih tempat PKL yang paling jauh dan yang paling bergengsi dari dua belas tahun yang lalu. Yang tak lain maksud untuk mengajukan kebolehan siswa Madrasah Aliyah, yang selama ini Madrasah Aliyah di kambing hitamkan oleh pihak lain yang masih mengganggap sekolah rendahan dan tidak berketrampilan.

“Tujuan awal di Bali”, seperti yang saya sebutkan diatas. Iya memang betul. Karena tujuan awal sebelum di Singapura adalah Bali, hampir selesai semua urusan transport dan tempat penginapan. Namun setelah pak Sulkhi mempertimbangkan dengan guru besarnya, teryata dibatalkan juga SOP di Bali karena biaya yang hampir sama dengan di Singapura, sekitar dua hingga dua setengah jutaan.

 

Facebook Comments